Benarkah Semua Nabi Dari Bani Israel Dan Hanya Nabi Muhammad Yang Bukan?

Monday, January 22, 2018

Kali ini kita akan membahas salah satu doktrin yang disebarkan untuk menyudutkan agama Islam, yaitu tentang pemahaman Nabi-Nabi dalam ajaran islam dan membenturnya dengan ideologi agama lain. Pastinya dengan tujuan untuk menyerang suatu komunitas atau keyakinan.

Diinternet sendiri banyak tersebar artikel ataupun video dengan topik yang serupa, tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk mendikreditkan atau membunuh karakter Nabi Muhammad.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan topik ini, terlebih dahulu mohon digaris bawahi bahwa artikle ini tidak bermaksud untuk menyerang maupun menyudutkan suatu kelompok agama ataupun tokoh personal.

Postingan ini dibuat semata-mata untuk memberikan pemahaman dan konfirmasi sekaligus klarifikasi terhadap tuduhan-tuduhan dan kesalahfahaman yang tersebar di internet. Berhubung saya seorang muslim dan Islam menjadi jati diri kami sebagai muslim, maka sudah tentu kewajiban kami untuk membela dan menjelaskan dari pemahaman dan pandangan yang salah tentang islam.

Mengenai topik kita kali ini, jadi dalam agama Islam menyakini dan mengimani ada 25 nabi dan Rasul serta Nabi Muhammad adalah Nabi terakhir untuk semua ummat yang ada di dunia.

Namun di internet telah tersebar pemahaman bahwa 24 dari 25 Nabi yang kita yakini berasal dari bani Israil dan Muhammad satu-satunya Nabi yang berasal Nabi Arab. Bahwa ujung-ujung menjurus pada kesimpulan bahwa Kenabian Nabi Muhammad tidak sah karena alasan tersebut.

Nah, pertanyaanya apakah benar 24 Nabi selain Nabi Muhammad semuanya berasal dari Bani Israil? mari kita pecahkan.

Bani Israil merupakan sebutan untuk keturunan Israil. Israil sendiri adalah nama lain dari Nabi Ya'kub. Yang dimaksud dengan Bani Israil adalah, keturunan yang secara silsilah dari keturunan Israil. Faktanya, dari 25 Rasul hanya 13 saja dari Bani Israil, dan Nabi-nabi sebelum kelahiran Ya’qub tidak disebut Bani Israil.

Bahkan Nabi Ya’qub sendiri bukan dari Bani Israil. Ya karena yang dimaksud Bani Israil adalah anak-cucunya, dengan otomatis Nabi Ya’qub tidak termasuk bagian.

Nabi dan Rasul yang bukan dari Bani Israil adalah; Nabi Adam ya tentu saja karena Adam adalah manusia pertama di dunia. Nabi Idris yakni keturunan ke-6 dari Adam, nama aslinya adalah Khahukh dan disebutkan 2 kali dlam Al-Quran. Didalam bible nabi Idris dikenal dengan nama Henokh dan disebutkan 19 kali dalam Alkitab, dan Idris bukan dari bani Israil.

Nabi Syith yakni anak dari Adam sendiri, Dalam Alkitab disebutkan 10 kali dengan nama Set. Beliau mendapatkan 50 suhuf dan juga bukan dari Bani Israil. Nabi Nuh, beliau disebutkan 43 kali didalam Al-Quran dan 58 kali dalam Al-kitab dengan nama Noah. Beliau juga bukan dari Bani Israil.

Nah, nabi Adam, Syits, Idris dan Nuh dalam hadits Shahih ibn Hibban disebut dengan Nabi yang berasal dari bangsa Suryani.

يَا أَبَا ذَرٍّ أَرْبَعَةٌ سُرْيَانِيُّونَ آدَمُ وَشِيثُ وَأَخْنُوخُ وَهُوَ إِدْرِيسُ وَهُوَ أَوَّلُ مَنْ خَطَّ بِالْقَلَمِ وَنُوح
Wahai Abu Dzar, ada 4 Nabi yang berasal dari bangsa Suryani, yakni Adam, Syits; Akhnukh; yakni Idris, yaitu orang yang pertama kali menulis dengan pena; dan Nuh. (Shahih Ibnu Hibban no 361)

Selanjutnya dalam hadits yang sama pula menyebutkan, ada empat nabi yang diutus untuk bangsa Arab yakni nabi Hud, Sholeh, Syu’aib dan Muhammad.

وَأَرْبَعَةٌ مِنَ الْعَرَبِ: هُودٌ، وَشُعَيْبٌ، وَصَالِحٌ، وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
Dan empat orang Nabi yang berasal dari Arab, yakni Hud, Syuaib, Shalih dan Nabimu Muhammad saw. (Shahih Ibnu Hibban no 361)

Nabi Hud, beliau disebutkan 7 kali dalam Al-Quran. Dalam Alkitab sendiri beliau dikenal dengan nama Eber. Beliau diutus kepada kaum ‘Ad yang berada di daerah Yaman Jazirah Arab. Beliau bukan Bani Israil dan diutus untuk bangsa Arab.

Nabi Sholeh, beliau diceritakan sebanyak 72 ayat dalam Al-Quran. Beliau diutus kepada kaum Tsamud yang terletak antara daerah Hijaz dan syam. Beliau bukan dari bani Israil dan Nabi yang idutus untuk bangsa Arab.

Nabi Syu’aib, Namanya disebutkan sebanyak 11 kali dalam Al-Quran dan dalam Alkitab diyakini dengan nama Yithro. Beliau diutus untuk penduduk Madyan dan Aikah. Dan diutus untuk Bangsa Arab. Dan Nabi Muhammad yang secara jelas beliau diutus dari Bangsa Arab.

Nabi-Nabi lainnya yang bukan dari bangsa israel adalah, Nabi Ibrahim atau Abraham yang diutus untuk bangsa Kaldea, Iraq. Nabi Luth, atau Lot dalam Alkitab. Merupakan Nabi yang diutus untuk bangsa Sodom dan Gomora. Beliau juga bukan dari bani Israil karena beliau keponakan dari nabi Ibrahim. Nabi Ismail dan Ishaq yang merupakan anak dari Nabi Ibrahim. Juga bukan dari bangsa Israil. Mereka adalah anak dari Nabi Ibrahim yang dari sinilah lahir Nabi Isa maupun Muhammad.

Terakhir Nabi Ya’qub, walaupun beliau memiliki nama Israil. Beliau malah bukan bangsa Israil, karena yang dimaksud bangsa Israil adalah anak cucu dari nabi Ya’qub sendiri. dengan otomatis nabi ya’qub tidak termasuk.

Total ada 13 Nabi, termasuk nabi yang tidak wajib diketahui yakni Syits. Artinya ada 12 Rasul yang bukan berasal dari Bani Israil, 4 diataranya dari bangsa suryani, 4 lagi dari bangsa arab dan selebihnya 5 Nabi lagi bukan dari Bani Israil.

Dan Nabi yang berasal dari bani Israil ada 13 orang. 12 non bani israil dan 13 dari bani Israil, bahkan seimbang.

Pertanyaan berikutnya, kenapa banyak nabi dari Bani Israil? Sebenarnya tidak juga sih. Karena Al-Quran dalam surat Faatir ayat 24 menjelaskan bahwa setiap ummat ada Nabinya. Artinya selain dari umat Israil, ada banyak lagi nabi-nabi yang tidak kita ketahui.

Bahkan dalam hadits riwayat Ahmad bahwa Nabi ada 124.000 orang, dan 315 dari mereka adalah Rasul. Artinya ada ribuan Nabi dan Rasul lain yang tidak kita ketahui karena tidak adanya informasi dalam Al-Quran.

Lalu kenapa dalam Al-Quran banyak diceritakan kisah-kisah bangsa Israel, apa gunanya bagi umat Islam?

Oke jika temen-temen baca Al-Quran maka temen-temen akan mendapatkan perbedaan antara kisah dalam Bible dan Al-Quran. Kisah bani Israil dalam bible diceritakan dengan rinci sedangkan dalam Al-Quran hanya sekilas saja. tujuan penceritaan yang singkat dalam Al-Quran sebenarnya agar kita dalam mengambil pelajaran dari kisah-kisah bangsa terdahulu dengan berbagai macam tingkahnya. Itulah sebab cerita-cerita bani Israil tidak diceritakan secara detail, karena kita disuruh mengambil itibar dari cerita bangsa mereka.

Nah jika kita lihat mengenai cerita-cerita bangsa terdahulu yang diutus bagi mereka nabi. Bangsa nabi Nuh dimusnahkan, Bangsa ad dimusnakan, bangsa tsamud dimusnahkan bangsa sodom dimusnahkan. Nah bagsa Israel lah ini dengan segala karateistiknya masih hidup hingga sekarang.

Dengan begitu sudah jelas bahwa anggapan jika 24 nabi semuanya berasal dari Bani Israil dan Muhammad satu-satunya nabi dari bangsa arab adalah mengada-ngada.

Karena faktanya ada 12 nabi yang bukan dari bani Israil serta nbai muhammad bukanlah satu-satunya Nabi yang diutus kepada bangsa Arab, melainkan ada juga nabi Hud, Shalih dan Syu’aib.

Saya sendiri merasa heran, kok sampai segitunya loh membodohi orang? tujuannya untuk apa? suapaya apa? agar apa?

Dan setelah ini pastikan jangan ada lagi tersebar doktrin-doktrin pembodohan yang serupa. Supaya indonesia semakin toleransi, bersatu dalam kemajemukan dan terhindar dari perpecahan yang merusak harmonisasi bermasyarakat.

No comments:

Powered by Blogger.