Latest News
Saturday, 29 October 2016

LDF: Ikut Kajian Rutin Dapat Doorprize Ratusan Ribu Rupiah

dari kiri ke kanan foto; Muhammad Riski (Ketua HMP IAT), Ust. Samsul Bahri, S.Ag, M,Ag (Dosen Ushuluddin), Hasan Al-Abrar (Mahasiswa IAT asal Madura, pemenang doorprize bulan ini), Zulfan Afdhilla (saya,- Ketua LDF Mushalla Az-Zhilal) dan Maulana Iban Salda (Moderator,- Mahasiswa IAT)
Hay kawan-kawan semua apa kabarnya? lama sudah saya tidak update postingan terbaru di blog ini. Harap maklum karena juga lagi sibuk sama kegiatan prioritas. Tapi in sya Allah jika ada kemudahan akan senantiasa di-update postingannya untuk temen-temen sekalian.

Bagi temen-temen yang belum tahu, saya menjabat ketua umum di Lembaga Dakwah Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan nama LDF Mushalla Az-Zhilal. Jadi LDF ini merupakan komunitas yang berfokus pada urusan keagamaan, sederhananya jika kalian disekolah dikenal dengan sebutan ROHIS.

Dinamai dengan Mushalla Az-Zhilal yang memiliki arti dibawah naungan Mushalla. Mungkin temen-temen teringat dengan film Dibawah Naungan Ka'bah, tapi ini naungan Mushalla. Proporsionallah dengan regional dakwah yang hanya melingkup sekitaran kegiatan fakultas. Sedangkan Az-Zhilal berdasarkan riwayat dari sepuh-sepuh, diinspirasikan dari sebuah kitab tafsir Fi Dzilalil Quran karya Sayyid Qutb, salah seorang ulama Mesir di era awal abad 20-an.

Salah satu kegiatan yang ingin saya sharing ke temen-temen adalah kegiatan kajian yang diadakan LDF bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir. Kajian Tafsir mingguan ini merupakan forum kajian Qurani yang diadakan seminggu sekali di Aula Fakultas Ushuluddin dari jam 9.30 WIB sampai selesai setiap Jum'atnya. Diisi dan diulas oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya. Kebetulan di Fakultas Ushuluddin juga ada prodi/jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir, jadi proporsional begitu.

Kegiatan dibagi kepada 3 sesi. Sesi pertama merupakan sesi kajian umum seputar tafsir dengan tema dan metode yang beragam. Sesi kedua merupakan sesi diskusi tanya jawab dan sesi keempat adalah sesi kuis. Pemateri akan memberikan kuis pertanyaan kepada partisipan yang hadir menyangkut materi yang disampaikan.

Selain menambah ilmu, partisipan kajian juga kami manjakan dengan dorprize menarik dan sertifikat bagi yang aktif mengikuti kajian. Nah, ini spesialnya. Dorprize akan diberikan setiap akhir bulannya bagi peserta yang memperoleh poin terbanyak. Poin sendiri didapatkan dari tanya-jawab dan kuis, satu poin untuk yang bertanya dan dua poin bagi yang bisa menjawab kuis. Poin sendiri akan dicatat dan juga diberukan dalam wujud kertas kepada peserta sebagai pegangan.

Hadiah menarik ini/ doorprize merupakan bentuk apresiasi kami bagi partisipan yang aktif mengikuti kajian rutin. Dengan harapan kami bisa mengundang peserta lebih banyak dan lebih aktif mengikuti kajian rutin ini. Dengan sistem metode sebegini, temen-temen bisa adopsi pada kegiatan temen-temen khususnya untuk LDf se-Indonesia.

Pada bulan ini sudah 50 peseta lebih yang terdaftar dalam database kami yang telah mengikuti kajian rutin. Sedangkan kajian sudah berjalan selama tiga minggu, dimulai dari minggu kedua bulan ini. Minggu terakhir tercatat ada 23 peserta yang mengikuti kajian baik dari mahasiswa Ushuluddin maupun dari fakultas lain termasuk juga mahasiswa Unsyiah. Namun yang paling penting adalah penyebaran informasi. Sama saja, jika temen-temen punya metode yang handal namun tidak diketahui secara umum maka hasilnya nihil.

Sebagaimana prosedur, jadi pada akhir bulan ini tepatnya jumat, 28 oktober kemarin telah diberikan dorprize bagi peserta aktif. Pada bulan ini dorprize jatuh kepada saudara Hasan al-Abrar dari jurusan IAT Ushuluddin dengan memperoleh 12 poin.

Adapun biaya operasional diambil dari panitia secara personal. Kami membuka peluang sebesar-besarnya bagi temen-temen yang ingin memberikan donasi dakwah untuk memajukan dan keberlangsungan kegiatan mulia ini.

Selanjutnya kami beharap akan banyak peserta yang hadir, lebih aktif mengikuti kajian mingguan dan akan lebih banyak lagi yang dekat dengan Al Quran serta Tafsir.

Jika temen-temen ingin bergabung dalam amal jariyyah dan memajukan kajian Qurani ini, temen-temen bisa donasi kepada kami melalui saya sendiri sebagai ketua umum. Sponsorship: 085359879916 / akhiyzulfan.a@gmail.com, temen-temen hubungi saja kontak tersebut. Semoga Islam terus berjaya dan Ushuluddin selalu dalam lindungan-Nya.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: LDF: Ikut Kajian Rutin Dapat Doorprize Ratusan Ribu Rupiah Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla