Latest News
Thursday, 1 September 2016

10 Sebab Kenapa Foto Orang Zaman Dahulu Jarang Tersenyum


Cheeese, ya itulah kata yang digunakan untuk memerintahkan agar tersenyum saat difoto. Ekspresi senyum memberikan kesan hidup dan agar indah dipandang mata. Menurut teori terkemuka, dalam kata-kata 'say cheese' suara 'ch' menyebabkan orang memposisikan gigi dalam keadaan sedemikian rupa sehingga bunyi panjang dari 'ee' (yang dibaca i) akan membuat bibir mereka terbuka, membentuk sesuatu yang mendekati sebuah senyum.

Frasa tersebut konon pertama kali digunakan dalam dunia fotografi pada sekitar tahun 1940-an. Sudah menjadi kebiasaan saat difoto agar tersenyum, bahkan sekarang ini muncul berbagai ekspresi foto dari ekspresi bebek sampai doggy. Namun sadarkah anda jika foto-foto orang terdahulu tidak tersenyum. Ini juga membuat foto-foto zaman dahulu terlihat seram dan menakutkan. Namun dibalik itu semua, inilah 5 sebab kenapa foto-foto orang dahulu tidak pernah tersenyum.

1.Teknologi Yang Belum Canggih

Tidak adanya senyum di foto jaman dulu karena kamera jaman dulu tergolong lambat soal mengambil gambar.Pada 1837, Louis Jacques Mande Daguerre yang berkebangsaan Prancis menemukan teknik fotografi yang ia namakan Daguerreotype.

Dua tahun kemudian, ia memperkenalkan format fotografi baru, yang memungkinkan pengambilan gambar berlangsung sekitar 60 hingga 90 detik. Tetap saja melelahkan untuk menahan pose tawa selama itu.Karena biaya mahal yang harus dikeluarkan, boleh jadi orang-orang hanya berkesempatan untuk berfoto sekali seumur hidup, pada acara-acara besar bersama keluarga atau suatu perkumpulan. Namun pada 1843, industri potret daguerreotype telah berevolusi dengan cepat. Walau masih mahal, orang mengantre untuk menjadi abadi dalam foto potret.


2. Etika Yang Berlaku

Pada era Victoria yaitu tahun 1837 hingga 1901, aturan etiket dan kecantikan berbeda dengan hari ini. Pada masa itu, mulut mungil yang terkatup rapat adalah hal yang dianggap pantas. Senyuman hanya ditemui pada anak-anak, orang miskin yang tidak berpendidikan, dan para pemabuk.Tentu saja mereka tidak mau dikenang dalam sejarah sebagai orang yang konyol. oleh karena itulah sebabnya kenapa orang-orang eropa khususnya British tidak tersenyum.

3. Masalah Kesehatan

Hal lain yang menjadi alasan tidak terlihatnya gigi dalam foto pada era Victoria adalah masalah kesehatan. Pada masa itu, gigi yang rusak hanya bisa dicabut. Tidak ada gigi patah yang bisa diperbaiki. Jadi mulut yang tertutup bisa jadi dinilai lebih menarik dibandingkan memperlihatkan gigi yang rusak.

4. Tidak Ingin Merusak Hasil

Ketika itu, proses pengambilan foto merupakan pengalaman paling langka. Tidak hanya itu, biaya untuk berfoto kala itu terbilang mahal. Bisa jadi orang hanya berfoto sekali seumur hidupnya pada acara besar keluarga. Pemotretan itu dilakukan di dalam studio yang kemungkinan besar tidak bisa dilakukan oleh orang-orang tak berpunya. Itulah yang menyebabkan mereka tidak ingin merusak hasil foto mereka dengan tersenyum.

5. Mitos

Alasan lain kenapa mereka tidak tersenyum saat difoto karena termakan mitos yang berlaku di Eropa, salah satunya yakni senyum saat difoto bisa mengurangi usia. Alhasil tak sedikit orang juga enggan diambil gambarnya karena takut cepat mati. Yah kalau mitos zaman dulu jika difoto cepat mati maka mitos zaman sekarang foto bertiga bakal celaka salah satunya. Yang jelas, yang namanya mitos tetap mitos dan jangan dipercaya.

Pada Februari 1900, Kodak mengeluarkan kamera Brownie yang akhirnya mengubah dunia fotografi untuk selamanya. Harganya hanya satu dollar dan amat mudah digunakan bahkan anak-anak terkecil pun bisa mengambil gambar sempurna, demikian iklan yang tertulis pada masa itu. Brownie yang pada masa itu harganya setara dengan sekitar 30 dollar masa kini pun digunakan untuk menangkap senyum, terutama saat keluarga atau teman berkumpul.

dan sampai sekarang ini kamera terus berevolusi dan semakin canggih serta praktis. Jadi, jangan lupa senyum ya ketika di foto biar tambah manis dan indah dipandang.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 10 Sebab Kenapa Foto Orang Zaman Dahulu Jarang Tersenyum Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla