Latest News
Tuesday, 22 March 2016

10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat

10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat
10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat (www.explosivewoman.com)

10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat - Jus merupakan minuman olahan dari buah-buahan yang di lumatkan hingga menjadi minuman. Jus juga disebut-sebut sebagai minuman sehat karena berasal dari buah-buahan. Karena kita bosan untuk makan buah-buahan seperti biasa, kebanyakan lebih suka disajikan dalam bentuk minuman. Minum jus adalah cara kita memperoleh manfaat dari buah dengan praktis. Kita dapat memperoleh khasiat dari berbagai buah tanpa harus memakannya satu per satu. Tubuh juga lebih mudah menyerap nutrisi yang ada pada jus. Sehingga, jus menjadi minuman yang sehat dan praktis.

Apakah kamu juga suka jus? minuman satu ini selain menyehatkan juga luzat dan hampir rata-rata orang menyukainya. Tetapi jangan salah dan terlena dengan iming-iming kesehatan dari jus buah. Jika kamu salah mengolah jus buah, justru kamu tidak akan mendapatkan manfaat secara maksimal.

Pengolahan jus yang tidak benar, cara pandang yang salah terhadap jus, atau  waktu yang tidak tepat  membuat nilai jus berkurang bagi tubuh. Agar minuman segar ini tidak sia-sia, inilah 10 aturan dalam minum jus antara lain:

Tidak Selalu Harus Buah

Pertama, jika kamu penikmat jus. Maka ketahuilah bahwa jut itu bukan saja buah tetapi juga sayur-sayuran atau kombinasi antara buah dan sayuran bahkan rempah-rempah seperti jahe. Bahkan jus tomat, wortel dsb bukan dari kalangan buah-buahan tapi sayur-sayuran.

Artinya, minuman sehat ini tidak hanya bisa didapati dari buah-buahan tetapi juga sayur-sayuran maupun kombinasi antaranya dengan rempah-rempah. Cobalah mengkreasikannya.

Bukan Pengganti Buah

Jika keseringan untuk minum jus buah, itu bukan berarti secara mutlak jus dapat mengantikan buah yang dimakan secara biasa. Perlunya tetap mengkonsumsi buah segar bermanfaat bagi lambung, karena pada saat proses mengunyah, lambung akan bekerja dan membakar kira-kira 20 kkal. Jadi, tetaplah konsumsi buah segar, tidak seluruhnya dapat diganti dengan jus.

Bukan Pengganti Makanan

Saat sedang program diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam Anda dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti makan pagi dan siang juga hanya dengan minum jus untuk maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tidak akan dapat memenuhi kebutuhan kalori yang harus dipenuhi dalam sehari, 1.800 kkal. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah.

Walau berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi akan cepat naik saat makan dengan pola yang semula. Karena minum jus tidak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Tidak Selalu Rendah Kalori

Walaupun jus buah secara umum tidak akan dapat memenuhi kebutuhan kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Buah seperti alpukat, nangka dan durian adalah buah-buahan dengan kalori tinggi, yaitu sekitar 200 kkal. Jika ingin jus dengan kalori rendah, dapat memilih buah jeruk, apel, melon, semangka atau pir yang kandungan kalorinya sekitar 80 kkal. Jika berat badan berlebih, sebaiknya pilih jus buah dengan kalori rendah. Dan tidak berarti semua buah rendah kalori dan akan membantu diet Anda.

Jangan Disimpan Dalam Waktu Lama

Membuat jus lalu meminumnya pada siang atau sore hari menurunkan manfaat dari jus tersebut. Jus yang telah dibuat sebaiknya segera diminum. Vitamin yang ada dapat dirusak oleh oksigen dan ultraviolet yang ada di sekitar. Jika tidak bisa mengkonsumsi jus secara langsung, dapat dilakukan dengan cara membuat jus sedingin mungkin, kemudian disimpan dalam termos yang tertutup rapat. Kondisi dingin dan perlindungan dari cahaya membantu mempertahankan vitamin yang ada pada jus selama 4 jam.

Jus Asam Bukan Untuk Pagi Hari

Senang minum jus di pagi hari? Memang, pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk minum jus, karena jus buah mengandung banyak air dan serat yang akan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Agar tidak sakit perut, hindari buah-buahan asam untuk jus di pagi hari. Pisang, pepaya, apel atau wortel bisa menjadi pilihan buah yang tepat untuk jus di pagi hari.

Menggunakan Buah-Buahan Segar

Gunakanlah buah atau sayuran yang masih dalam kondisi segar agar mendapatkan khasiat yang maksimal. Jangan karena melihat buah atau sayur mulai layu, lalu karena sayang akhirnya dibuat jus. Ini akan membuat kualitas jus berkurang.

Diminum Beserta Ampasnya

Jika Anda membuat jus dengan menggunakan juicer, maka ampasnya akan terpisah. Walau mungkin terasa tidak enak, jangan buang ampas buah yang telah terpisah itu. Jika menggunakan blender, jangan saring untuk mendapatkan airnya saja, biarkan ampas tetap tercampur dan diminum. Pada ampas buah terdapat serat dan vitamin, yang paling umum adalah vitamin C. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dengan Berbagai Variasi

Jangan hanya membuat jus dari buah yang itu-itu saja. Misalnya, karena menyukai buah mangga, setiap hari jus yang diminum hanya jus mangga. Ganti dengan buah lain yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda agar tubuh memperoleh manfaat. Mengkombinasikan berbagai buah dalam satu gelas jus merupakan cara praktis agar tubuh memperoleh beberapa manfaat dalam satu kali teguk. Campuran jeruk, pisang dan apel, wortel dan tomat atau apel dan anggur merupakan kombinasi yang dapat dicoba karena memberi beberapa manfaat sekaligus.

Dengan Tambahan Gula, Madu atau Susu

Untuk menambah kenikmatan jus, biasanya ditambahkan gula, madu atau susu. Ada beberapa aturan jika ingin menambahkan jus Anda dengan salah satu pasangannya ini. Perhatikan banyaknya gula atau madu yang akan digunakan atau pilihan susu.

Jika ingin menambahkan dengan gula, coba ingat-ingat dahulu sudah berapa banyak gula yang Anda konsumsi hari ini. Idealnya, tubuh hanya boleh menerima 50 gr gula per hari. Satu sendok teh gula, beratnya sekitar 4 gram. Jika dari pagi Anda sudah menikmati ice cream, kue, cake atau teh manis, sesuaikan gula yang akan ditambahkan dalam jus agar tidak kelebihan konsumsi gula.

Madu merupakan pemanis alami yang mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin dan mineral. Tetapi, kandungan kalori dari madu lebih besar daripada gula. Satu sendok madu memiliki kalori 64 kkal. Maka, jika ingin menambahkan madu, sebaiknya hanya dalam porsi kecil, terlebih rasa madu yang lebih manis dari gula.

Menambahkan jus dengan susu membuat jus mendapat tambahan protein, kalsium dan lemak dari susu. Yang harus diperhatikan adalah jenis susu yang akan ditambahkan. Jika tidak ada masalah dengan berat badan, dapat menggunakan susu full cream. Kebalikannya, adalah menggunakan susu low fat jika ingin menjaga berat badan dan agar lemak tidak berlebih.

Demikianlah 10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat, semoga bermanfaat bagi sobat semua.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 10 Aturan Penting Minum Jus Yang Benar dan Sehat Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla