Latest News
Monday, 21 December 2015

UKM QAF Akan Membumikan Al-Quran di Kampus UIN Ar-Raniry Dalam Acara MQ ke-III

Saat seminar berlangsung, peserta mulai memenuhi auditorium

Banda Aceh - Untuk mewujudkan misi dan visi membumikan Al-Quran dan mengemban dakwah Qurani. Unit Kegiatan Mahasiswa Qur'an Aplikasi Forum (UKM QAF) UIN Ar-Raniry mengadakan acara Madinatul Qur'an ke-III (MQIII) pada 19 dan 20 Desember 2015 di Auditorium Aly Hasymi.

Seminar Qur'ani ini merupakan rangkaian acara MQIII. Madinatul Quran sendiri merupakan ajang rekrutmen generasi Qur'ani yang melanjutkan dakwah membumikan Al-Qur'an khususnya di bumi kampus biru UIN Ar-Raniry dalam komunitas UKM Qur'an Aplikasi Forum UIN Ar-Raniry.

Pendaftaran dilakukan dua kali dengan dua metode. UKM QAF telah memanfaatkan teknologi untuk merekrut anggota dengan menggunakan metode pendaftaran online bagi peserta MQIII yang akan menjadi calon pengurus QAF. Ini merupakan terobosan baru, dikarenakan UKM QAF satu-satunya UKM UIN Ar-Raniry yang menggunakan metode online dalam merekrut anggota.

Hari pertama pada 19 Desember 2015 merupakan acara workshop khusus bagi peserta MQIII yang juga dikhususkan bagi mahasiswa UIN yang dilaksanakan di Masjid Fathun Qarib. Peserta MQ cukup antusias mengikuti serangkaian acara yang diisi oleh Ustadz Muhammad Yain Jumadi, Lc sebagai pengiki kuliah umum tahsin Qur'an. Peserta yang hadir mencapai ratusan, antusias dalam mengikuti acara.

Antusias Peserta MQIII

Adapun seminar Qur'ani yang diadakan pada 20 Desember 2015 di Auditorim Aly Hasymi diisi oleh Tgk. H. Fakhruddin Lahmuddin, M.Pd, Dr. Syamsul Rijal, M.Ag selaku wakil rektor III UIN Ar-Raniry, dan Prof. Dr. Mustanir Yahya, M.Sc selaku dekan Fakultas Sain dan Teknologi serta juga guru besar di Universitas Syiahkuala.

QAF juga menghadirkan dua hafidz cilik yang membuat peserta seminar semakin antusias. Mereka adalah Pasha dan Fayyat, mereka berdua merupakan adik-abang. Pasha yang masih duduk kelas 3 SD sudah menghafal 5 juz, serta adiknya Fayyat yang masih duduk di bangku TK ini sudah menghafal 2 juz dari Al-Quran.

Wakil Rektor III UIN Ar-Raniry, Dr. Syamsul Rijal, M.Ag menyalami dua hafidz cilik bersaudara.

Seminar ini tidak hanya dihadiri oleh kalangan mahasiswa dan pelajar saja, melainkan juga dihadiri dari umur paling muda sampai ibu-ibu rumah tangga serta dosen. Seminar Qurani ini juga mendapat respon yang luar biasa dari peserta seminar. Sebagai mana yang kami kutip dari testimonial peserta melalui fan page QAF dari akun facebook Aira Maniez.

"Alhamdulillah.. ikut seminar Live with Quran benar membawa berkah untuk saya, saya sangat salut dengan keistimewaan yang panitia berikan yang tak pernah saya temukan di acara-acara lain seumur hidup saya. cara QAF menghargai peserta yang datang paling awal dan peserta yang bertanya adalah suatu keistimewaan saya maksud. mudah-mudahan , penghargaaan seperti itu tidak berakhir di sini saja tapi terus dilangsungkan. Dan mudah-mudahan panitia-panitia pada ukm lain atau lembaga lain juga mengikuti hal-hal istimewa yang dilakukan QAF . Syukran jazilan, QAF."
MQIII ini tak hanya sekedar workshop dan seminar lalu usai, tetapi QAF juga memberikan jaminan ansuransi lebih kepada peserta MQ. Tidak hanya sekedar workshop dan seminar, tetapi peserta MQ akan diberikan pelatihan Tahsin selama sebulan penuh. Tak hanya ini QAF juga memberikan fasilitas berupa kelas-kelas Qur'ani untuk mengasah bakat peserta seperti kelas tahsin, tahfidz, kaligrafi, makalah Qura'ni, dan menulis basis Islam. Kelas-kelas ini juga di bimbing oleh mentor-mentor yang sudah ahli. Direncanakan pada bulan januari 2016 peserta sudah bisa memanfaatkan fasilitas dan kegiatan lanjutannya.

Acara MQIII ini diketua panitiain oleh Mauliza Akbar dengan peserta seminar lebih dari target yang dikira, sehingga panitia kewalahan melihat membludaknya peserta yang antusias. Namun, diatas semangat Qurani dengan mengharapkan ridha ilahi walaupun dengan dana yang sangat minim panitia tetap berjuang walau dengan uang pribadi mereka. Saking semangatnya sampai ada panitia yang tidak makan dari pagi. Acara seminar selesai pada pukul 15.30 WIB.

Kita doakan atas semangat juang mereka selalu Allah limpahkan rahmat dan ridha-Nya. Atas niat tulus itu pula semoga Allah mudahkan pengurus UKM QAF UIN Ar-Raniry dalam acara-acara selanjutnya, amin.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook
Item Reviewed: UKM QAF Akan Membumikan Al-Quran di Kampus UIN Ar-Raniry Dalam Acara MQ ke-III Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla