Latest News
Saturday, 4 April 2015

Download Maktabah Syamilah, Perpustakaan Digital


Maktabah Syamilah merupakan software kumpulan kitab digital persembahan dari www.shamela.ws. Memuat ratusan bahkan ribuan kitab-kitab klasik maupun modern dari berbagai disiplin ilmu keagamaan seperti tasir, hadits, fiqh, aqidah, akhlaq, dll.

Maktabah syamilah merupakan salah satu software yang sangat penting dan dibutuhkan didalam dunia kependidikan khususnya Islam. Maktabah syamilah bisa menjadi referensi rujukan untuk berbagai kebutuhan ummat muslim saat ini.



Dapatkan puluhan software secara offline dan murah dengan memesan kepada kami.klik "Pesan DVD-nya" [recomended]. Atau anda juga bisa mendapatkan software ini dengan mendownloadnya. Dan juga dapatkan berbagai bonus dan kelebihan dari memesannya.
Apabila link-nya rusak, hilang atau sudah dihapus oleh pengupload harap segera hubungi admin atau apabila file software terlalu besar ataupun susah untuk didownload, dan tidak punya waktu untuk mendownload anda dapat memesan DVD puluhan bahkan ratusan software dari web ini dan selamatkan kuota anda. Kami siap mengirim ke tempat anda.

Maktabah Syamilah sudah sangat dikenal di kalangan pesantren, akademisi dan cendekiawan muslim karena dalam software ini tergabung beragam kitab ulama islam klasik dan kontemporer disusun perkategori:
  1. Kitab Tafsir
  2. Kitab Hadits
  3. Kitab Aqidah
  4. Kitab Fiqih
  5. Kitab Adab
  6. Kitab Umum
  7. Kamus
  8. Kitab Fahros / Indeks dll.
Selain itu software ini dipercaya untuk dijadikan referensi penulisan makalah atau project paper karena software ini disadur langsung dari pengarangnya seperti tafsir Ath-Thabari, Qurtubi, Ibnu Katsir dan yang lainnya. Caranya sangat mudah, cepat dan ekonomis jika dibandingkan dengan biaya membeli ratusan jilid kitab-kitab klasik.

Selain mengunduh langsung pada situs resminya, Maktabah Syamilah umumnya tersedia pada bentuk DVD yang dapat anda pesan di zulfanafdhilla.com disini yang tidak hanya maktabah syamilah kami sediakan melainkan juga Maktabah Alqirthas dan maktabah yang lainnya, dan telah memuat database ribuan judul kitab, terdiri dari berbagai cabang ilmu, seperti Alquran, Tafsir Alquran, Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Ilmu Lughoh Seperti Nahwu, Sorof, Balaghoh, Sejarah (Tarikh) juga syair dan sajak karangan para Ulama, buletin islami, kumpulan fatwa-fatwa dan lain sebagainya. Kita dapat memilih atau menghapus kitab apa saja yang akan disimpan didalamnya.

Beberapa situs yang menyediakan kitab-kitab klasik yang dapat dipasang di Maktaba Syamilah ini adalah:

Instalasi

Untuk penginstalan diperlukan space free sebesar 7-10 GB dan jangan lupa untuk mengubah sistem OS Windows anda ke Windows Arabic, caranya klik disini. Ini supaya agar maktabah syamilah anda beroprasi dengan benar (tidak cacat).

Untuk instalasi pastikan anda sudah memesan DVD asli dari zulfanafdhilla.com dan bukan bajakan. Pastikan anda mendapatkannya dari agen-agen mitra kami yang terpecaya di daerah anda.

1. Masukkan DVD-nya, kemudian pilih folder maktabah syamilah lalu klik folder Program. Lalu klik shamela3.44.part01.
2. Kemudian muncul jendela dialog seperti dibawah. JANGAN LUPA klik tombol Browse untuk memilih destination folder (folder dimana maktabah syamilah akan diinstal) lalu tunggu sampai instalasi selesai.


3. Maktabah Syamilah yang anda instal adalah versi 3.44. Untuk mengupgrate ke versi terbaru. Maka klik tombol seperti dibawah ini. Maka anda akan dibawa ke halaman upgrade di shamela.ws.


Upgrade manual secara offline: Bagi anda yang sudah memesan via DVD. Kami sudah sediakan file upgrade ke versi 3.61. Tidak perlu didownload lagi. Untuk tutorial cara pengupgrade-an silahkan klik disini. Manual book maktabah syamilah juga tersedia dalam versi DVD.

Instal Versi Linux

Maktabah syamilah sejatinya software dibuat untuk OS Windows, tapi bagi anda pengguna linux sekarang sudah dapat menggunakan dan menikmati software ini. Berikut cara penginstalan maktabah syamilah dalam Linux yang saya kutip dari abuhirr.
  1. Komputer antum harus dalam keadaan tersambung ke internet.
  2. Install bahasa arab di Ubuntu. Pilih “Language Support” pada control panel di system Ubuntu anda.
  3. Pilih “Install/Remove Language”.
  4. Centang “Arabic”.
  5. Pilih “Apply Changes”. Selesai.
  6. Install aplikasi “Wine” dari menu “Ubuntu Software Center”. Selesai.
  7. Buat folder baru di directory “Home” beri nama “shamela”.
  8. Copykan file “Maktabah Syamilah” antum di dalam folder “shamela” yang telah dibuat tadi. Dalam hal ini saya pribadi mengcopy “Maktabah Syamilah” 8GB saja agar tidak berat. Dan usahakan ruang hardisk “Ubuntu” tidak penuh.
  9. Copykan file archive “wine_ar_shamela.tar.gz” di folder Wine pada DVD ke dalam folder “shamela”. Jika filenya hilang silahkan di download disini.
  10. Ekstrak file archive tadi di folder “shamela”.
  11. Antum akan melihat ada 4 file hasil ekstrak: “arial.ttf”, “ar_SA.reg”, “shamela.sh” dan “winefontssmoothing_en.sh
  12. Buka directory “Home”. Tekan CTRL+H untuk melihat file hidden. Kemudian pilih folder “.wine” – “drive_c” – “windows” – “fonts”. Kemudian copykan file “arial.ttf” di folder “fonts”.
  13. Buka “Terminal” (CTRL+ALT+T).
  14. Ketik “cd<spasi>~/shamela/”. Enter.
  15. Ketik “chmod<spasi>+x<spasi>*.sh”. Enter.
  16. Ketik “./winefontssmoothing_en.sh”. Enter.
  17. Pilih “Subpixel smoothing (ClearType) RGB”. Enter.
  18. Ketik “wine<spasi>regedit.exe<spasi>ar_SA.reg”. Enter.
  19. Ketik “locale<spasi>-a”. Enter. Selesai.
  20. Buka folder”shamela” tadi. Pilih file “shamela.sh”. Klik kanan. Pilih “Run”. OK.
  21. Sekarang “Maktabah Syamilah” sudah bisa dijalankan dengan normal (no debug) biidznillah.

Nb: Untuk mengganti font arab default yang putus-putus, klik pengaturan (gambar obeng dan palu sebelah kiri atas) di “Maktabah Syamilah”, pilih “خطوط وألوان”, kemudian “خط عرض النصوص”. Atau centang “إخفاء التشكيل” di bagian bawah kiri layar “Maktabah Syamilah”.

Bagi pengguna Linux kini sudah ada Maktabah Elkirtasse (Qirthos). Merupakan maktabah syamilah yang kompatible di Linux. Maktabah Al-Qirthos sudah tersedian didalam versi DVD. Klik disini.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook
Item Reviewed: Download Maktabah Syamilah, Perpustakaan Digital Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla