Latest News
Wednesday, 18 March 2015

Download Qioo, Pembubuh Ayat di Libre Office [Linux]


Sahabat, Masih tentang Al Qur’an dan Linux, aplikasi yang satu ini merupakan alternatif lain aplikasi Al-Quran di linux , namanya adalah Qioo. Berfungsi sama dengan QuranInWord nya windows. Dengan menginstall Qioo kita bisa mencari dan menyisipkan teks ayat Al-Quran sekaligus terjemahannya pada sebuah dokumen. Aplikasi Qioo berjalan di LibreOffice (juga OpenOffice). Jadi, langsung saja kita praktekkan instalasi Qioo di Linux.

Download atau  pesan DVD-nya terlebih dahulu aplikasi Qioo nya dibawah ini



Anda akan diarahkan ke halaman download, tunggu 5 detik hingga muncul kata  Skip This Ad  di sisi kanan atas lalu klik. Dapatkan puluhan software secara offline dan murah dengan memesan kepada kami.klik "Pesan DVD-nya" [recomended]. Atau anda juga bisa mendapatkan software ini dengan mendownloadnya. Dan juga dapatkan berbagai bonus dan kelebihan dari memesannya.
Apabila link-nya rusak, hilang atau sudah dihapus oleh pengupload harap segera hubungi admin atau apabila file software terlalu besar ataupun susah untuk didownload, dan tidak punya waktu untuk mendownload anda dapat memesan DVD puluhan bahkan ratusan software dari web ini dan selamatkan kuota anda. Kami siap mengirim ke tempat anda.

Kemudian Buka terminal (Ctrl+Alt+T), masuk dengan super user (su) lalu copy file QiOO-04b/ScheherazadeRegOT.ttf ke direktory /usr/share/fonts/truetype/openoffice/ Caranya : sudo cp QiOO-04b/ScheherazadeRegOT.ttf /usr/share/fonts/truetype/openoffice

Setelah berhasil di copy kemudian ketikan perintah di terminal berikut

sudo dpkg-reconfigure fontconfig ( cara lain untuk install font ScheherazadeRegOT.ttf dengan cara mengklik ganda pada file font tersebut sehingga dibuka oleh Font Viewer, tekan tombol Install untuk menginstalnya )

Setelah selesai menjalankan 2 perintah tersebut, baru kita install QiOO-0.4b.oxt
Buka LibreOffice Writer, pilih menu Tools > Extention Manager lalu pilih add, cari file QiOO-0.4b.oxt pada folder QiOO yang sudah kita extract tadi.

 

 


Selanjutnya tutup aplikasi LibreOffice. Buka kembali LibreOffice Writer, lalu pilih Tools > Options >Language Settings > Languages kemudian centang pada opsi “Enabled for CTL(Complex Text Layout)”. 

Sekarang kita lihat pada menu LibreOffice Writer sudah ada menu pilihan AlQuran, seperti pada gambar berikut, Cobalah mengklik Menu AlQuran dan memilih surat Al Fatihah ayat 1 sampai 7, centang pada Qur’an untuk menampilkan ayat, translateuntuk terjemahan dan New Line untuk memisahkan masing-masing ayat dalam baris paragraf baru : 


Lihat hasilnya seperti dibawah ini:


OK, inilah Quran In LibreOffice Writer . Silahkan dicoba dan Semoga bermanfaat.

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook
Item Reviewed: Download Qioo, Pembubuh Ayat di Libre Office [Linux] Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla