Latest News
Thursday, 2 October 2014

Cara dan Dosis Mengkonsumsi Madu


Cara Mengkonsumsi Madu

Madu merupakan obat penyembuh bagi umat manusia di muka bumi ini yang di rekomendasikan langsung oleh Allah subhanallahuwata'ala melalui ayat diatas. Dengan kata lain madu merupakan resep paling ampuh dari resep-resep yang ada di bumi ini yang diajurkan oleh Yang Maha Menyembuhkan.

Namun ternyata, mengkonsumsi madu tidak boleh sembarangan, tidak boleh asal minum agar kita dapat merasakan manfaat yang luar biasa dari madu.

Ada cara minum madu yang baik dan benar, yaitu antara lain:
  • Sebelum mengkonsumsi madu, ada baiknya jika bisa memastikan bahwa madu yang akan kita minum adalah madu asli, karena saat ini banyak beredar madu-madu yang asli tapi palsu. Yaitu tulisan pada kemasan bertuliskan Asli, namun setelah di cek ternyata palsu. Anda dapat mendapatkan madu asli tersebut di toko herbal langganan anda yang sudah Anda percayai.
  • Waktu yang paling baik untuk meminum madu adalah pada saat pagi hari sebelum sarapan dan pada malam hari saat menjelang tidur. Meskipun selain 2 waktu tersebut, madu juga tetap baik untuk dikonsumsi kapan saja. Madu yang dikonsumsi pada pagi hari dapat mencegah seseorang dari penyakit maag, karena Madu dapat melapisi dinding lambung sehingga kita tidak terkena maag.
  • Kebiasaan Rasulullah saat minum madu adalah dengan langsung mengambil madu kemudian mengulumnya dengan mulut beliau hingga madu bercampur dan lumer dengan air liur beliau. Karena madu mengandung fruktosa yang lebih baik dicampur dengan air liur mudah larut dan dicerna oleh lambung.
  • Namun jika kita merasa eneg jika langsung dikulum, bisa juga mencampur dengan air hangat, tidak panas dan tidak dingin. Karena jika air terlalu panas atau dingin dapat merusak enzim-enzim dalam madu, dan kualitas madu akan rusak/hilang.
  • Tuangkan 2-3 sendok makan, tidak ada anjuran dalam hal ini, Anda bisa menambahkan lebih, atau kurang dari itu. Ini hanya secara umumnya. Karena ini juga menyangkut selera, terlalu banyak juga ada sebagian orang merasa eneg karena terlalu manis. Selengkapnya bisa dilihat pada kemasan masing-masing madu.
  • Aduk madu dengan menggunakan sendok plastik dan usahakan tidak menggunakan sendok berbahan logam, karena sendok dengan bahan logam dapat merusak unsur-unsur penting dalam madu. Sehingga dapat mengurangi kesempurnaan kualitas madu.
  • Aduklah madu berlawanan dengan arah jarum jam. Atau searah dengan orang thawaf ketika melaksanakan ibadah haji dan umroh. Karena arah ini Insya Allah lebih baik dan menghasilkan energi positif bagi madu, sehingga khasiat madu akan lebih terasa bagi tubuh kita.
  • Membaca do’a ketika akan minum madu tersebut, sehingga madu lebih berkah dan berkhasiat untuk tubuh Anda.
  • Minumlah dengan duduk, tenang, dan tidak terburu-buru.
  • Jadikan minum madu sebagai rutinitas harian untuk membantu tubuh kita melawan serangan-serangan penyakit yang akan membahayakan tubuh kita, dan meningkatkan daya tahan tubuh/imunitas kita.
[alyanaherbal.com "Cara Minum Madu Yang Baik dan Benarakses 1 Okt 2014]

Minum madu lebih baik dilakukan saat perut kosong. Bisa sebelum makan, atau beberapa jam setelah makan. Bagi anak-anak, terkadang mengkonsumsi madu sebelum makan akan menghadirkan rasa kenyang, hal ini membuat anak enggan makan, atau makanan yang dikonsumsi menjadi lebih sedikit. Kalau seperti itu keadaannya, berilah madu pada anak tersebut beberapa jam setelah makan.

Madu mengandung mineral, vitamin, enzim dan lain sebagainya. Enzim di dalam madu akan rusak apabila madu dipanaskan pada suhu 60 derajat Celcius ke atas. Bagaimana dengan vitaminnya? Padahal enzim merupakan sejenis protein yang diperlukan untuk berlangsungnya berbagai proses biokimiawi di dalam tubuh. Salah satu ciri madu yang asli adalah enzim, madu mengandung enzim. Jadi, minum madu boleh dicampur ke dalam segelas air hangat atau air dingin.

Minum madu dg mencampurkan ke dalam segelas air hangat akan lebih baik, kenapa? Kalau dicampur air hangat, hanya dibutuhkan waktu tujuh menit saja sehingga dapat bercampur ke dalam sirkulasi darah. Kalau dicampur dengan air dingin? Dibutuhkan waktu 20 menit, lebih lama kan? [thecrowdvoice.com "Beginilah Cara Mengonsumsi Madu", akses 1 Okt 2014]

Dosis Dalam Mengonsumsi Madu

  • Tidak ada dosis pasti setiap orang berbeda beda,
  • Perawatan 3 kali 1 sendok
  • Pengobatan 3- 10 kali bagaimana kebutuhan
  • Berhenti ketika mencret
Madu murni tidak ada batas kadaluarsa semakin lama semakin bagus dan semakin pekat dan berwarna hitam. Madu campuran herbal ada kadaluarsanya tergantung herbalnya. Madu dapat diberikan untuk Laki laki & Wanita, bayi, anak anak, remaja, orang tua, manula tanpa efek samping. [uwoholistik.wordpress.com "Madu (Honey)", akses 1 Okt 2014]

Berdasarkan para ahli, untuk mendapatkan khasiat kesehatan yang optimal, sebaiknya mengkonsumsi madu 100-200 g/ hari untuk orang dewasa. Adapun untuk anak-anak dianjurkan mengkonsumsi madu tidak lebih dari 30 g sehari. Untuk Waktu konsumsi sebaiknya madu murni asli indonesia dikonsumsi 2 jam sebelum makan atau 3 jam sesudah makan. [juraganmaduasli.com "Jenis Madu Indonesia (Indonesian Honey)", akses 2 Okt 2014]


 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Cara dan Dosis Mengkonsumsi Madu Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla