Latest News
Wednesday, 2 July 2014

Biografi Ibnu Wafid (Farmakologi Penyelidik Obat Bius)

Nama lengkap Ibnu AWafid adalah Abu Al-Mutarrif abdur Rahman bin Muhammad Al-Lakhmi Ibnu Al-Wafid dibarat dikenal dengan Abenguefit. Tidak banyak yang dapat diketahui mengeanai riwayat hidupnya. Menurut Sa’id Andalusi, Ibnu Wafid lahir pada tahun 398 H/1007 M. Namun ada juga yang menyatakan bahwa ia hidup pada abad kelima Hijriyah.

Ibnu Wafid adalah seorang Muslim Andalus yang terkenal sebagai ahli farmakologi, kedokteran, serta dalam bidang teori-teori pertanian. Setealah belajar ilmu kedokteran pada Abu Qasim az-Zahrawi di Kordova, ia lalu menetap di kawasan Toledo pada tahun 460 H/1067 M. Karya fenomenalnya yang berjudul “Kitab Jami’ al-Thib” oleh orang Eropa kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa latin dengan judl “De Medicinis Universalibus et Particularibus”.

Walaupun ahli di bidang farmasi, ia lebih menyekuai penyembuhan suatu penyakit tertentu dengan cara diet yang tepat. Kalupun terpaksa, maka yang digunakan hanyalah campuran obat-obatan yang sederhana. Dialah yang telah mengumukakan penggunaan ukuran-uukuran tentang diet untuk penyembuhan suatu penyakit, dan ia pulalah yang mengemukakan suatu metode penyelidikan mengenai ‘kelakuan’ obat bius dalam tubuh manusia. Beberapa karya yang di hasilkan oleh Ibnu Wafid, hanyalah tinggal sebagian yang masih dapat di jumpai misalnya:
  1. “Kitab fi al-Aswiya al-Mutrada”. Buku ini telah diterjemahkan dan diringkas ke dalam bahasa latin oleh Gerard dari Cremona, dengan judul “Liber Albenguefith Phlosophi de Virtutibus Madicinarum et Ciborum”. Buku tersebut juga tealh diterjemahkan keddalam bahasa Hebrew dan Catala. Teks aslinya dalam bahasa Arab, sebagian masih ada, dan belum diterbitkan.
  2. “Kitab al-Wisad fi ath-Thibb”
  3. “Majmu’fi al-Filaha”. Teksnya yang dalam bahasa Arab dan Castilia telah pernah dibahas oleh Gracia Gomez dan Millas.
  4. “De Balneis Semo”. Judul ini disebut oleh Mieli. Namun tidak jelas hubungannya dengan karya-karya yang pernah ditulis sebelumnya oleh Ibnu Wafid.
Profil ilmuan muslim perintis ilmu pengetahuan modern oleh M. ishom El-Saha, MA dan Saiful hadi El-Sutha, SAg dalam http://lailatus96.blogspot.com/2014/01/ibnu-wafid.html
http://www.banggundul.web.id/2009/02/ibnu-wafid.html
http://alchemy-and-alchemists.blogspot.com/2010/03/ibn-al-wafid.html

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Biografi Ibnu Wafid (Farmakologi Penyelidik Obat Bius) Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla