Latest News
Tuesday, 24 June 2014

Download Mishkal, Penambah Harakat/Syakal atau Baris Pada Arab Gundul



Mishkal, merupakan satu software yang berfungsi menambahkan harakat pada kalimat bahasa arab yang masih belum ada harakatnya seperti yang ada dalam kitab-kitab berbahasa arab, kita cukup tulis atau copas tulisan arab yang tak berharakat tadi kedalam software ini, kemudian software ini akan menambahkan harakat pada tulisan tadi. Program ini dikembangkan oleh Thoha Zaruqi seorang developer FOSS asal Algeria(Al Jazair) .

Software ini juga bisa meringatkan tugas kita apabila semisal sedang menulis tulisan berbahasa arab, namun kita masih merasa kesulitan memberi harakat, atau akan menyita waktu kalau harus memberi harakat satu persatu.



Dapatkan puluhan software secara offline dan murah dengan memesan kepada kami.klik "Pesan DVD-nya" [recomended]. Atau anda juga bisa mendapatkan software ini dengan mendownloadnya. Dan juga dapatkan berbagai bonus dan kelebihannya.
Apabila link-nya rusak, hilang atau sudah dihapus oleh pengupload harap segera hubungi admin atau apabila file software terlalu besar ataupun susah untuk didownload, dan tidak punya waktu untuk mendownload anda dapat memesan DVD puluhan bahkan ratusan software dari web ini dan selamatkan kuota anda. Kami siap mengirim ke tempat anda.

Mishkal sekarang adalah versi pembaharuan 1.4 yang sebelumnya versi 1.3 untuk selalu update klik disini untuk melihat versi terbarunya. Aplikasi Mishkal tidak memerlukan instalasi jadi cukup unduh/pesan DVDnya disini, yang terbaru saat zulfanafdhilla.com mengunduhnya adalah versi untuk windows (mishkal-Desktop-Win-0.1.4) lalu klik folder Program pada folder DVD-nya dan jalankan (dobel klik) file mishkal-gui.


Cara penggunaan :
Berikut hingga tampil jendela Aplikasi Mishkal


Klik pada tombol (نص عشوائي) untuk memilih teks uji coba yang belum berharakat , ada berbagai sample teks baik yang pendek, menengah maupun panjang, cari dan pilih teks yang agak panjang.


Klik pada tombol (تشكيل) untuk memulai proses pemberian harakat


Selesai pemberian harakat.


Pemberian harakat pada teks arab secara otomatis oleh sebuah mesin, tentu masih memerlukan beberapa koreksian secara manual terutama pemilihan harakat pada sebuah kata yang memiliki beberapa kemungkinan harakat sesuai kaedah tasrif atau makna yang dianggap benar dari susunan kata-katanya padahal bukan makna yang kita inginkan. Maka proses editing masih diperlukan untuk menyesuaikan harakat dengan tuntutan makna yang diinginkan. Meski proses pemberian harakat oleh Mishkal tidak sesalu 100% benar, Mishkal tetap memberikan kemudahan kepada sahabat pengguna dalam melakukan proses editing dan perbaikan harakat yang belum tepat.

Sebagai contoh kami mencoba membuat input teks sederhana sebagai berikut :


Lalu Mishkal memproses pemberian harakat


Pada tiga kata dalam tiga kalimat terakhir, hasil proses pemberian harakat oleh Mishkal belum sesuai dengan makna yang kita inginkan. Untuk mengeditnya, hanya perlu klik kanan pada kata yang belum sesuai, arahkan kursor pada iqtiraahat tasykil ( اقتراحات التشكيل = saran harakat), lalu pilih pada kata yang sesuai harakat yang diinginkan, cukup mudah bukan ?


Mishkal juga menyediakan fitur pengaturan jenis dan ukuran font arab yang digunakan, open, copy , save dan print teks serta zooming untuk memperpesar atau memperkecil tampilan teks yang sedang diedit.


Disediakan juga fitur untuk penyisipan harakat/tanda baca secara manual untuk harakat standar dan beberapa harakat dan huruf yang tidak disediakan oleh keyboard Arabic default. Caranya posisikan kursor pada huruf yang ingin diberi harokat lalu klik icon harokat yang diinginkan.


Kesimpulannya , jika sahabat berurusan dengan pemberian harakat pada teks-teks Arab yang banyak, Mishkal jelas akan sangat membantu. Bayangkan jika sahabat melakukannya secara manual dengan menggeser tombol arrow (panah) keyboard kekiri lalu memberi harakat pada tiap-tiap huruf satu persatu. Dengan Mishkal, sahabat cukup membukanya via open file atau copy-paste ke Mishkal. Lalu tekan satu tombol tasykiil , maka Mishkalakan memproses sendiri secara otomatis. Selanjutnya sahabat tinggal mengoreksi bagian-bagian yang diperlukan saja hanya dengan klik kanan-pilihkata dan klik sekali.

Terakhir, sebenarnya software ini adalah versi offline dari situs "Misykalun Nushus Al-Arobiyah" dan merupakan rintisan, tentu saja masih ada beberapa kesalahan dalam pemberian harakat, semoga Allah memberikan pahala pada pembuatnya dan dapat memberi manfaat bagi kita.. Amiin..

http://www.fikihkontemporer.com/2013/10/download-software-mishkal-pemberi.html
http://fath-multimedia.blogspot.com/2014/04/mishkal-software-pemberi-harakatsyakal.html

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook
Item Reviewed: Download Mishkal, Penambah Harakat/Syakal atau Baris Pada Arab Gundul Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla