Latest News
Sunday, 29 June 2014

Biografi Ibnu Bassal (Pakar Agronomi Islam)

Muhammad Ibrahim Ibnu Bassal, tinggal di Toledo, Andalusia Spanyol. Ia mengabdikan dirinya khusus untuk agronomi. Dia juga melakukan pelayanan untuk al-Ma’mun Sultan Toledo (1038-1075), ia menulis sebuah risalah panjang tentang agronomi (Diwan al-filaha); pekerjaan ini adalah kemudian dipersingkat menjadi satu volume dengan enam belas bab.

Karya ini, yang diterjemahkan ke dalam bahas Spanyol, pada Abad Pertengahan, diterbitkan pada tahun 1955 bersama dengan teks bahasa Arab. Risalah Ibnu Bassal adalah tunggal dalam hal itu tidak mengandung referensi ke agronomi sebelumnya, tampaknya harus didasarkan hanya pada pengalaman pribadi penulis, yang terungkap sebagai yang paling asli.

Gambar beberap teks asli dari kitab Diwan Al- filaha
Catatan Ringkas berikut adalah tentang cara kerja alat mutakhir karya Ibnu Bassal pada abad kesebelas untuk memanfaatkan efek roda gila dalam saqiya [Alat yang berupa rangkaian pot untuk mengangkat air]. Berat A ditempatkan di belakang hewan pada tuas penarik yang berputar di sekitar poros vertikal dari saqiya . Kelembaman tambahan yang dihasilkan yang disimpan dalam berat diperlukan untuk operasi yang tepat dari saqiya tersebut. Menggunakan berat untuk menghasilkan efek roda gila, operasi akan menjadi lebih halus dan beban pada hewan akan diminimalkan. Bobot roda gila memungkinkan puncak dan lembah torsi menjadi berkurang.

Selain itu di dalam karyanya (Diwan al-filaha) berisi informasi tentang berbagai jenis bahan makanan dan bagaimana untuk menghasilkan mereka dan memelihara mereka, di samping metode dalam budidaya pertanian, irigasi, pengendalian hewan peliharaan dan mengolah tanah.

fakta lain mengenai riwayat hidupnya adalah bahwa Ibnu Al-Bassal pernah menjadi anggota misi diplomatik yang diutus ke Istana Al mohad dari Marrakush pada 542/1147M. Kanpium botani dan agromi ini, kendati cukup lama bermukim di Seville namun meninggal dunia di Kordoba Spanyol pada 499/1105.

http://kisahteladansufi.com/ibnu-bassal http://diannovitaputrijieran.blogspot.com/2013/03/profile-ilmuan-muslim.html

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Biografi Ibnu Bassal (Pakar Agronomi Islam) Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla