Biografi Al-Ghafiqi (Spesialis Mata & Ahli Botani)

Dapatkan: Game Kuis Sirah Nabawiyah

Kuis Sirah Nabawiyah game edukatif yang membahas mengenai Sirah Nabawiyah atau biografi para 25 Nabi dan Rasul.

Download

Namanya Abu Ja’far Muhammad ibn Qassoum ibn Aslam Al-Ghafiqi (w 1165 m), Seorang ahli obat-obatan asal Andalusia (Spanyol), juga dikenal sebagai salah seoran ahli opthalmologi (mata) terbesar.

”Dialah ahli botani paling cerdas pada masanya,” begitu George Sarton, ahli sejarah Barat menyebut Al-Ghafiqi. Ia mengoleksi beragam jenis tumbuh-tumbuhan yang diperolehnya dari wilayah Spanyol dan Afrika. Al-Ghafiqi membuat catatan yang menggambarkan secara akurat jenis-jenis tumbuhan koleksinya itu.

Deskripsi tentang tumbuh-tumbuhan yang dibuat Al-Ghafiqi diakui sebagai karya yang paling membanggakan yang pernah dibuat seorang Muslim. ”Dia memberi nama setiap tanaman dalam tiga bahasa, yaitu Arab, Latin, dan Barbar,” ujar Sarton. Karya fenomenal Al-Ghafiqi yang berjudul Al-Adwiyah al-Mufradah memberikan inspirasi kepada Ibnu Baytar untuk meneliti tumbuh-tumbuhan dengan cara sederhana seperti yang dilakukan Al-Ghafiqi.


Dalam bidang obat-obatan (farmakologi) ia menulis kitab Al Adawiyah al Mufradah (Uraian tentang berbagai macam obat). Ilmuwan Muslim yang satu ini juga turut memberi kontribusi dalam pengembangan farmakologi dan farmasi. Sumbangan Al-Ghafiqi untuk memajukan ilmu tentang komposisi, dosis, meracik dan menyimpan obat-obatan dituliskannya dalam kitab Al-Jami’ Al-Adwiyyah Al-Mufradah ini. Risalah itu memaparkan tentang pendekatan dalam metodelogi, eksperimen, serta observasi dalam farmakologi dan farmasi.

Dalam bidang opthalmologi (mata) ia menulis kitab Al-Murshid fil Kuhl. Al-Ghafiqi banyak merujuk kepada karya Ammar bin Ali Al-Mosuli tetapi lebih menekankan penelitian pada jaringan otak yang berhubungan dengan mata.

Masyarakat Cordoba sangat menghormati Al-Ghafiqi. Hingga kini nama Al-Ghafiqi terukir di rumah sakit di Cordoba, yang dipakai sebagai cara untuk mengenang jasa-jasa ilmuwan tersebut.

http://www.globalmuslim.web.id/2013/11/para-ahli-botani-dan-zoologi-di-era.html http://www.ensikperadaban.com/?AHLI_KEDOKTERAN:Farmakologi:Al_Ghafiki

No comments:

Powered by Blogger.