Latest News
Wednesday, 17 April 2013

Biografi An-Nairizi (Ilmuwan Matematikawan & Astronom)


Namanya Abū’l-‘Abbās al-Faḍl ibn Ḥātim al-Nairīzī (Arabic: أبو العباس الفضل بن حاتم النيريزي‎, Latin: Anaritius, Nazirius, 865–922) Al-Nayrizi mungkin lahir di Nayriz yang merupakan tenggara kota kecil
sekarang Shiraz di Iran tengah. Tentu saja ia harus telah dikaitkan dengan kota ini di masa mudanya telah disebut al-Nayrizi. Sedikit yang diketahui dari hidupnya, tetapi kita tahu bahwa ia berdedikasi beberapa karya al-Mu'tadid jadi dia hampir pasti pindah ke Baghdad dan bekerja di sana untuk khalifah.

Periode di mana al-Nayrizi tumbuh dewasa adalah pada saat pergolakan di wilayah di mana dia tinggal. Setelah pembunuhan khalifah al-Mutawwakil di 861 ada periode anarki dan perang sipil. Khalifah al-Mu'tamid dan saudara al-Muwaffaq yang adalah seorang pemimpin militer, mempersatukan kembali kekaisaran pada 870 tapi pemberontakan akhirnya menurunkannya di 883 hanya setelah bertahun-tahun kampanye militer oleh al-Muwaffaq dan saudaranya al-Mu'tadid. Al-Mu'tamid meninggal pada 892 dan, karena al-Mu'tadid telah memaksa dia untuk mencabut hak waris anaknya sendiri, al-Mu'tadid menjadi khalifah pada tahun tersebut.

Al-Mu'tadid mereorganisasi administrasi dan mereformasi keuangan, dan ia menunjukkan ketrampilan yang besar dan kekejaman dalam berurusan dengan banyak faksi yang telah muncul. Ada mengikuti periode kegiatan budaya yang besar, dengan rumah Baghdad untuk intelektual banyak. Al-Nayrizi telah bekerja dengan al-Mu'tadid selama sepuluh tahun di pemerintahan, karena ia menulis karya-karya untuk khalifah pada fenomena meteorologi dan instrumen untuk mengukur jarak ke obyek. Jika pemerintahan al-Mu'tadid sudah dimulai dengan intrik politik maka sepertinya untuk mengakhiri dengan cara yang sama, pendapat umum adalah bahwa, di 902, al-Mu'tadid diracun oleh musuh politiknya. Putra al Al-Mu'tadid, Al-Muktafi menjadi khalifah di 902 dan berkuasa sampai 908. Nampaknya bahwa al-Nayrizi akan terus bekerja di Baghdad untuk khalifah baru sejak dukungan yang sama bagi para intelektual di Baghdad lanjutan.

The Fihrist (Index) adalah sebuah karya disusun oleh penjual buku Ibnu an-Nadim di tahun 988. Ini memberikan laporan lengkap dari sastra bahasa Arab yang tersedia dalam abad ke-10 dan secara khusus menyebutkan al-Nayrizi sebagai astronom. Delapan hasil kerja dengan nama al-Nayrizi terdaftar dalam Fihrist. Sebuah karya kemudian, yang ditulis pada abad ke-13,menggambarkan al-Nayrizi baik sebagai astronom dan sebagai ahli terkemuka di geometri.

Karya Al-Nayrizi tentang astronomi termasuk komentar dari Ptolemy's Almagest dan Tetrabiblos, Tidak selamat. Ia paling terkenal karena komentarnya tentang Elemen Euclid yang telah bertahan. Naskah Leiden dimaksud dalam judul yang berisi revisi oleh al-Nayrizi dari terjemahan Arab kedua Elemen Euclid oleh al-Hajjaj. Terjemahan al-Hajjaj tidak bertahan dan artikel ini meneliti sejauh mana terjemahan al-Nayrizi berubah, dengan alasan bahwa memang ia membuat perubahan besar. Makalah ini melihat versi naskah yang berbeda yang berisi komentar al-Nayrizi, beberapa dalam bahasa Arab, salah satunya versi Latin.Dalam berurusan dengan rasio dan proporsi dalam komentarnya pada Element, al-Nayrizi mengadopsi konsep yang diusulkan oleh al-Mahani yang pernah bekerja di Baghdad, mungkin sebelum al-Nayrizi tiba di sana. Al-Nayrizi menulis sebuah karya tentang cara menghitung arah Ka'bah di Mekah (hal itu penting bagi umat Islam untuk dapat melakukan hal ini karena kita harus menghadap arah itu lima kali setiap hari saat melakukan shalat). Dalam karya ini ia secara efektif menggunakan fungsi tan, tapi ia bukan orang pertama yang menggunakan ide-ide trigonometri.

Sumber:

 Selangkah lagi anda jadi pengusaha!
  • Komentar Dengan Blogger
  • Komentar Dengan Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Biografi An-Nairizi (Ilmuwan Matematikawan & Astronom) Rating: 5 Reviewed By: Zulfan Afdhilla